Friday, December 21, 2018

MAKALAH MICROSOFT POWER POINT


MAKALAH MICROSOFT POWER POINT

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) telah berkembang sangat pesat di era global ini dan itu semua tidak terlepas dalam dunia akademik ataupun perkantoran, apalagidalam hal dokumentasi, administrasi dan presentasi sehingga diperlukan sebuah alat bantu dalam mengerjakan semua tugas ataupun pekerjaan secara efektif dan efesien. Sering kali diharuskan bekerja dengan aplikasi pengolah kata dalam suatu pekerjaan ataupun tugas. Microsoft Word dan Power Point adalah salah satu program pemroses kata yang juga tidak kalah effisien dalam membuat dokumen dan untuk mendesain sebuah presentasi agar tampil menarik dan mudah dipahami oleh audience dibanding dengan pengolah atau pemroses kata yang lain.
Microsoft Power Point merupakan salah satu aplikasi milik Microsoft, selain Microsoft Word dan Microsoft Excel yang telah banyak dikenal. Ketiga aplikasi ini lazim disebut Microsoft Office. Pada dasarnya, aplikasiMicrosoft Power Point berfungsi untuk membantu kita dalam menyaj ikan presentasi. Aplikasi ini menyediakan fasilitas Slide untuk dapat menampung pokok-pokok pembicaraan point-point yang akan disampaikan kepada pemirsa atau pendengar. Dengan fasilitas, Animation, suatu slide dapat dimodifikasi dengan menarik. Setiap lembar tayangan berisi materi disebut Slide. Agar slide yang sedang dibangun dapat menarik, tujuan kita dalam menyampaikan suatu topik dapat tercapai, dan dapat dimengerti oleh pendengar dengan efektif.

B.     Rumusan Masalah
1.        Bagaimana Pengertian tentang Microsoft power point?
2.        Bagaimana Cara Membuka Microsoft Power Point?
3.        Apa Saja Macam-macam Menu Program dalam Microsoft Power Point?
4.        Bagaimana Keunggulan dari Microsoft Power point?

C.     Tujuan
1.        Mengetahui Pengertian tentang Microsoft power point?
2.        Mengerti Bagaimana Cara Membuka Microsoft Power Point?
3.        Mengetahui Macam-macam Menu Program dalam Microsoft Power Point?
4.        Mengetahui Bagaimana Keunggulan dari Microsoft Power point?


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Microsoft Power Point
Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan membantu sebuah gagasan lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan. Selain itu, Microsoft Power Point  juga merupakan salah satu program presentasi yang banyak digunakan orang untuk mempresentasikan slidenya.
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987.
Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejakMicrosoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

B.     Membuka Program Microsoft Power Point
Untuk membuka program Microsoft Power Point langkahnya adalah sebagai berikut:
1.            Klik tombol Start,
2.            pilih All Program,
3.            pilih Microsoft Office,
4.            dan kemudian klik Microsoft Power Point.[1]
Membuat Dokumen Baru, ada beberapa langkah untuk membuat dokumen baru pada Microsoft Power Point yaitu:

·         Klik Office Button > New
·         Pada kotak dialog yang muncul, pilih > Blank dan Recent >Blank Presentation > lalu tekan tombol Create.
·         Kemudian akan muncul jendela presentasi di layar monitor anda.
·         Anda bisa menambahkan beberapa teks layaknya sebuah judul laporan.
·         Kemudian cobalah tambahkan slide kedua pada lembar kerja anda, pilih New Slide > Title dan Content.
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menyimpan dokumen, antara lain:
·         Klik logo atau tombol Microsoft Office yang ada pada sudut kiri atas lembar kerja, kemudian pilih Save as. Ms. Office Button>>Save As.
·         Power Point Presentation, anda dapat menyimpan dokumen yang anda buat sesuai dengan format Ms. Power Point 2007.
·         Power Point Show, anda dapat menyimpan dokumennya yang anda buat di mana jika anda mengaktifkanny maka akan terbuka sebagai tampilan Slide Show saja.
·         Power Point 97-2003 Presentation, menyimpan copy dari presentasi yang Anda buat dengan format yang dapat dibuka di Power Point 97-2003.
·         Find Add-Ins for other file format, anda dapat menyimpan dokumen yang Anda buat dalam bentuk file format yang lain.
·         Other Formats, membuka dialog box Save as, untuk memilih dari semua tipe file format yang tersebut atau memungkinkan.
Pilihan Title dan Content memungkinkan anda memasukkan file gambar, klip media, clip art, tabel, chart dan smart ke dalam slide. Anda juga dapat memilih berbagai opsi pilihan slide layout pada menu New Slide. Kini selesailah dokumen sederhana dari side anda, anda bisa langsung menyimpannya dengan menekan kombinasi Ctrl+S.

C.    Macam-macam Menu Program dalam Microsoft Power Point
Dalam Microsoft Power Point ada enam menu program dalam Microsoft Power Point, yaitu sebagai berikut:
1.            Home:  merupakan perintah dasar dan kumpulan perintah-perintah yang ada dalam Power Point.
2.            Insert: digunakan untuk memunculkan berbagai objek-objek pendukung program yang membuat bahan presentasi kita lebih baik, seperti gambar, animasi, video,suara, termasuk grafik dan table.
3.            Design: berfungsi untuk pengaturan tampilan di antaranya mengatur latar dan memberikan warna pada latar presentasi kita.
4.            Slide Show: digunakan untuk menampilkan hasil presentasi dalam ukuran penuh (full screen)
5.            Review: digunakan untuk memberikan catatan atau komentar dari tampilan penyajian Power Point, misalnya jika kita akan memberikan catatan pada Power Point yang lain.
6.            View: digunakan untuk membuat tampilan Slide Master.
Cara bekerja dengan menggunakan Microsoft Power Point
1.            Untuk memilih format tampilan (slide layout), klik kanan pada lembar kerja presentasi lalu sorot layout dan tulis materi pesentasi.
2.            Melakukan pengeditan teks dengan klik tab home lalu pilih pengeditan yang diinginkan sepertia apa.
3.            Melakukan format teks dengan klik tab format, lalu pilih format yang diinginkan.
4.            Untuk mengubah format desain seperti tema tampilan, maka klik tab design pilih tema yang diinginkan. Jika perpaduan warna tidak sesuai yang diinginkan, ubah dengan klik icon colors dan pilih perpaduan warna yang diinginkan.
5.            Untuk mengatur efek peunculan slide (transisi), klik tab Transisi lalu pilih transisi yang diinginkan. Dapat juga menambahkan suara saat pemunculan slide, dengan klik icon sound lalu pilih suara yang diinginkan.
6.            Jika ingin memberikan animasi pada presentasi, klik terlebih dahulu teksbox yang ingin diberi animasi lalu klik tab Animations dan pilih animasi yang diinginkan.
7.            Untuk melihat tayangan slide, tekan tombol F5 pada keyboard atau klik tab slide show lalu klik icon from beginning atau from current slide. Gunakan mouse untuk menjalankan slide dengan mengklik untuk menampilkan setiap teks yang ada.

D.    Keunggulan Microsoft Office Power Point
1.            New Slide
1.            Berupa project, artinya sebuah proyek pengembangan pembelajaran terdiri atas beberapa komponen yang merupakan sejumlah file.
2.            Shapes
3.            Shapes merupakan fasilitas menu fulldown yang tersedia untuk dipakai dalam membuat beberapa fasilitas interaktif program pembelajaran CAI.
4.            Fasilitas untuk melakukan link dan antar slide pada menu powerpoint.
5.            Mengenal fasilitas backsound atau rekaman audio
6.            Fungsi dari fasilitas ini yaitu mampu memanggil file-file yang sudah ada di dalam harddisk computer atau notebook anda.
5.            Mengenal fasilitas insert movie atau rekaman video
Fungsi dari fasilitas ini sangat penting guna mempertajam penjelasan yang sedang disampaikan oleh guru.
Setelah memahami cara bekerjanya powerpoint, selanjutnya harus mampu membuat model pembelajaran CAI atau pembelajaran multimedia interaktif. Beberapa syarat yang harus diperhatikan sebagai berikut:
1)        Pastikan sudah memiliki flow chart dengan model tutorial atau model CAI lainnya seperti drill, simulasi, atau permainan.
2)        Kemudian harus sudah memiliki story board sesuai dengan bidang mata pelajaran masing-masing.
3)        Pastikan telah memiliki sebuah folder dengan MMI.
4)        Folder tersebut harus berisi sejumlah file yang diperlukan yang akan mendukung proyek pembelajaran.
5)        Pastikan ada software pembangunan seperti: Macromedia Flash, Dreamwaver, Authoring, Macromedia dan sejenisnya.
6)        Komputer atau Notebook diinstal minimal dengan windows 2000, ME, XP, Vista ataupun windows 7.
7)        Pastikan juga telah menginstal Microsoft office versi 98, 2000, 2003 ataupun 2007.
Microsoft PowerPoint sebetulnya dapat mengimpor beberapa file audio, diantaranya file WAP dan MP3. Software yang digunakan dalam pemrograman pembelajaran berbasis computer dapat dengan mudah diperoleh melalui download pada situs-situs yang menawarkan software terbaru, termasuk software pengelolah audio seperti audacity, software ini cukup ringan dan cara menggunakannya setelah di unduh cukup di klik dua kali maka akan keluar.
Untuk memanfaatkan software tersebut, sebelumnya harus mempersiapkan naskah untuk rekaman. Untuk merekam suara terlebih dahulu siapkan headset yang dilengkapi dengan mikrofon yang sudah dipasang pada hetset atau bisa juga menggunakan mikrofon tersendiri yang kemudian dihubungkan ke computer, di mana masing-masing jek di pasangkan sesuai dengan pasangannya. Setelah di atur dengan benar maka dapat langsung melakukan perekaman.
Ada dua hal penting ketika menyimpan file hasil rekaman, yaitu file nama dengan nama file sesuai dengan pasangan nama file slide power point yang sudah dimiliki. Setelah file power point yang telah jadi disimpan dan ingin dicetak, berikut langkah-langkah untuk mencetak lembar presentasi:
1.            Klik tombol office, lalu klik print.
2.            Kotak dialog “Print Settings” akan terbuka.
3.            Untuk mencetak seluruh halaman presentasi, klik icon print lalu klik All.
4.            Untuk mencetak slide yang dipilih, klik Current Slide.
5.            Jika ingin mencetak pada slide tertentu, ketikkan slide yang ingin dicetak pada kolom “Slide” klik icon Print.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan membantu sebuah gagasan lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan. Selain itu, Microsoft Power Point  juga merupakan salah satu program presentasi yang banyak digunakan orang untuk mempresentasikan slidenya.
Dalam Microsoft Power Point ada enam menu program dalam Microsoft Power Point, yaitu sebagai berikut:
1.            Home
2.            Insert
3.            Design
4.            Slide Show
5.            Review
6.            View
Berikut keunggulan dari Microsoft power point:
a)            New Slide
Berupa project, artinya sebuah proyek pengembangan pembelajaran terdiri atas beberapa komponen yang merupakan sejumlah file.
b)            Shapes
Shapes merupakan fasilitas menu fulldown yang tersedia untuk dipakai dalam membuat beberapa fasilitas interaktif program pembelajaran CAI.
c)            Fasilitas untuk melakukan link dan antar slide pada menu powerpoint.
d)           Mengenal fasilitas backsound atau rekaman audio
Fungsi dari fasilitas ini yaitu mampu memanggil file-file yang sudah ada di dalam harddisk computer atau notebook anda.
e)            Mengenal fasilitas insert movie atau rekaman video
Fungsi dari fasilitas ini sangat penting guna mempertajam penjelasan yang sedang disampaikan oleh guru.
B.     Saran
Demikianlah maklah yang dapat kami susun, semoga bermanfaat bagi pembaca dan selebihnya kritik dan saran yang membangun senantiasa kami harapkan dari para pembaca, agar sempurnalah makalah yang kami susun.

DAFTAR PUSTAKA
                                              
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, PT RAJAGRAFINDO PERSADA, Jakarta, 2013
Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung; 2013
Duwi Priyatno, Microsoft Office 2010 Plus Trik Aman Berinternet, PT Kayana Press, Yogyakarta; 2010
Rusman, dkk, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru, PT RAJAGRAFINDO PERSADA, Jakarta, 2012

No comments:

Post a Comment