MAKALAH MICROSOFT POWER POINT
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) telah berkembang sangat pesat di era global
ini dan itu semua tidak terlepas dalam dunia akademik ataupun perkantoran,
apalagidalam hal dokumentasi, administrasi dan presentasi sehingga diperlukan
sebuah alat bantu dalam mengerjakan semua tugas ataupun pekerjaan secara
efektif dan efesien. Sering kali diharuskan bekerja dengan aplikasi pengolah
kata dalam suatu pekerjaan ataupun tugas. Microsoft Word dan Power Point adalah
salah satu program pemroses kata yang juga tidak kalah effisien dalam membuat
dokumen dan untuk mendesain sebuah presentasi agar tampil menarik dan mudah
dipahami oleh audience dibanding dengan pengolah atau pemroses kata yang lain.
Microsoft
Power Point merupakan salah satu aplikasi milik Microsoft, selain Microsoft
Word dan Microsoft Excel yang telah banyak dikenal. Ketiga aplikasi ini lazim
disebut Microsoft Office. Pada dasarnya, aplikasiMicrosoft Power Point
berfungsi untuk membantu kita dalam menyaj ikan presentasi. Aplikasi ini
menyediakan fasilitas Slide untuk dapat menampung pokok-pokok pembicaraan
point-point yang akan disampaikan kepada pemirsa atau pendengar. Dengan
fasilitas, Animation, suatu slide dapat dimodifikasi dengan menarik. Setiap lembar
tayangan berisi materi disebut Slide. Agar slide yang sedang dibangun dapat
menarik, tujuan kita dalam menyampaikan suatu topik dapat tercapai, dan dapat
dimengerti oleh pendengar dengan efektif.
B. Rumusan Masalah
1.
Bagaimana Pengertian tentang Microsoft power
point?
2.
Bagaimana Cara Membuka Microsoft Power Point?
3.
Apa Saja Macam-macam Menu Program dalam
Microsoft Power Point?
4.
Bagaimana Keunggulan dari Microsoft Power point?
C. Tujuan
1.
Mengetahui Pengertian tentang Microsoft power
point?
2.
Mengerti Bagaimana Cara Membuka Microsoft Power
Point?
3.
Mengetahui Macam-macam Menu Program dalam
Microsoft Power Point?
4.
Mengetahui Bagaimana Keunggulan dari Microsoft
Power point?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Microsoft Power
Point
Microsoft
Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah
presentasi yang efektif, professional dan juga mudah. Microsoft Power Point
akan membantu sebuah gagasan membantu sebuah gagasan lebih menarik dan jelas
tujuannya jika dipresentasikan. Selain itu, Microsoft Power Point juga merupakan salah satu program presentasi
yang banyak digunakan orang untuk mempresentasikan slidenya.
Aplikasi
Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis
Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang
kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun
1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple
Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu
membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP).
Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna,
setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun
mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan
harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987.
Pada tahun
1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran,
mengikuti jejakMicrosoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi
bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft
Office System (kecuali Basic Edition).
B. Membuka Program Microsoft
Power Point
Untuk membuka program Microsoft
Power Point langkahnya adalah sebagai berikut:
1.
Klik tombol Start,
2.
pilih All Program,
3.
pilih Microsoft Office,
4.
dan kemudian klik Microsoft Power Point.[1]
Membuat Dokumen Baru, ada
beberapa langkah untuk membuat dokumen baru pada Microsoft Power Point yaitu:
·
Klik Office Button > New
·
Pada kotak dialog yang muncul, pilih > Blank
dan Recent >Blank Presentation > lalu tekan tombol Create.
·
Kemudian akan muncul jendela presentasi di layar
monitor anda.
·
Anda bisa menambahkan beberapa teks layaknya
sebuah judul laporan.
·
Kemudian cobalah tambahkan slide kedua pada
lembar kerja anda, pilih New Slide > Title dan Content.
Ada beberapa langkah yang harus
dilakukan dalam menyimpan dokumen, antara lain:
·
Klik logo atau tombol Microsoft Office yang ada
pada sudut kiri atas lembar kerja, kemudian pilih Save as. Ms. Office
Button>>Save As.
·
Power Point Presentation, anda dapat menyimpan
dokumen yang anda buat sesuai dengan format Ms. Power Point 2007.
·
Power Point Show, anda dapat menyimpan
dokumennya yang anda buat di mana jika anda mengaktifkanny maka akan terbuka
sebagai tampilan Slide Show saja.
·
Power Point 97-2003 Presentation, menyimpan copy
dari presentasi yang Anda buat dengan format yang dapat dibuka di Power Point
97-2003.
·
Find Add-Ins for other file format, anda dapat
menyimpan dokumen yang Anda buat dalam bentuk file format yang lain.
·
Other Formats, membuka dialog box Save as, untuk
memilih dari semua tipe file format yang tersebut atau memungkinkan.
Pilihan Title dan Content
memungkinkan anda memasukkan file gambar, klip media, clip art, tabel, chart
dan smart ke dalam slide. Anda juga dapat memilih berbagai opsi pilihan slide
layout pada menu New Slide. Kini selesailah dokumen sederhana dari side anda,
anda bisa langsung menyimpannya dengan menekan kombinasi Ctrl+S.
C. Macam-macam Menu Program
dalam Microsoft Power Point
Dalam Microsoft Power Point ada
enam menu program dalam Microsoft Power Point, yaitu sebagai berikut:
1.
Home:
merupakan perintah dasar dan kumpulan perintah-perintah yang ada dalam
Power Point.
2.
Insert: digunakan untuk memunculkan berbagai
objek-objek pendukung program yang membuat bahan presentasi kita lebih baik,
seperti gambar, animasi, video,suara, termasuk grafik dan table.
3.
Design: berfungsi untuk pengaturan tampilan di
antaranya mengatur latar dan memberikan warna pada latar presentasi kita.
4.
Slide Show: digunakan untuk menampilkan hasil
presentasi dalam ukuran penuh (full screen)
5.
Review: digunakan untuk memberikan catatan atau
komentar dari tampilan penyajian Power Point, misalnya jika kita akan
memberikan catatan pada Power Point yang lain.
6.
View: digunakan untuk membuat tampilan Slide
Master.
Cara bekerja dengan menggunakan
Microsoft Power Point
1.
Untuk memilih format tampilan (slide layout),
klik kanan pada lembar kerja presentasi lalu sorot layout dan tulis materi
pesentasi.
2.
Melakukan pengeditan teks dengan klik tab home
lalu pilih pengeditan yang diinginkan sepertia apa.
3.
Melakukan format teks dengan klik tab format,
lalu pilih format yang diinginkan.
4.
Untuk mengubah format desain seperti tema
tampilan, maka klik tab design pilih tema yang diinginkan. Jika perpaduan warna
tidak sesuai yang diinginkan, ubah dengan klik icon colors dan pilih perpaduan
warna yang diinginkan.
5.
Untuk mengatur efek peunculan slide (transisi),
klik tab Transisi lalu pilih transisi yang diinginkan. Dapat juga menambahkan
suara saat pemunculan slide, dengan klik icon sound lalu pilih suara yang
diinginkan.
6.
Jika ingin memberikan animasi pada presentasi,
klik terlebih dahulu teksbox yang ingin diberi animasi lalu klik tab Animations
dan pilih animasi yang diinginkan.
7.
Untuk melihat tayangan slide, tekan tombol F5
pada keyboard atau klik tab slide show lalu klik icon from beginning atau from
current slide. Gunakan mouse untuk menjalankan slide dengan mengklik untuk
menampilkan setiap teks yang ada.
D. Keunggulan Microsoft Office
Power Point
1.
New Slide
1.
Berupa project, artinya sebuah proyek
pengembangan pembelajaran terdiri atas beberapa komponen yang merupakan
sejumlah file.
2.
Shapes
3.
Shapes merupakan fasilitas menu fulldown yang
tersedia untuk dipakai dalam membuat beberapa fasilitas interaktif program
pembelajaran CAI.
4.
Fasilitas untuk melakukan link dan antar slide
pada menu powerpoint.
5.
Mengenal fasilitas backsound atau rekaman audio
6.
Fungsi dari fasilitas ini yaitu mampu memanggil
file-file yang sudah ada di dalam harddisk computer atau notebook anda.
5.
Mengenal fasilitas insert movie atau rekaman
video
Fungsi dari
fasilitas ini sangat penting guna mempertajam penjelasan yang sedang
disampaikan oleh guru.
Setelah
memahami cara bekerjanya powerpoint, selanjutnya harus mampu membuat model pembelajaran
CAI atau pembelajaran multimedia interaktif. Beberapa syarat yang harus
diperhatikan sebagai berikut:
1)
Pastikan sudah memiliki flow chart dengan model
tutorial atau model CAI lainnya seperti drill, simulasi, atau permainan.
2)
Kemudian harus sudah memiliki story board sesuai
dengan bidang mata pelajaran masing-masing.
3)
Pastikan telah memiliki sebuah folder dengan
MMI.
4)
Folder tersebut harus berisi sejumlah file yang
diperlukan yang akan mendukung proyek pembelajaran.
5)
Pastikan ada software pembangunan seperti:
Macromedia Flash, Dreamwaver, Authoring, Macromedia dan sejenisnya.
6)
Komputer atau Notebook diinstal minimal dengan
windows 2000, ME, XP, Vista ataupun windows 7.
7)
Pastikan juga telah menginstal Microsoft office
versi 98, 2000, 2003 ataupun 2007.
Microsoft
PowerPoint sebetulnya dapat mengimpor beberapa file audio, diantaranya file WAP
dan MP3. Software yang digunakan dalam pemrograman pembelajaran berbasis
computer dapat dengan mudah diperoleh melalui download pada situs-situs yang
menawarkan software terbaru, termasuk software pengelolah audio seperti
audacity, software ini cukup ringan dan cara menggunakannya setelah di unduh
cukup di klik dua kali maka akan keluar.
Untuk
memanfaatkan software tersebut, sebelumnya harus mempersiapkan naskah untuk rekaman.
Untuk merekam suara terlebih dahulu siapkan headset yang dilengkapi dengan
mikrofon yang sudah dipasang pada hetset atau bisa juga menggunakan mikrofon
tersendiri yang kemudian dihubungkan ke computer, di mana masing-masing jek di
pasangkan sesuai dengan pasangannya. Setelah di atur dengan benar maka dapat
langsung melakukan perekaman.
Ada dua hal
penting ketika menyimpan file hasil rekaman, yaitu file nama dengan nama file
sesuai dengan pasangan nama file slide power point yang sudah dimiliki. Setelah
file power point yang telah jadi disimpan dan ingin dicetak, berikut
langkah-langkah untuk mencetak lembar presentasi:
1.
Klik tombol office, lalu klik print.
2.
Kotak dialog “Print Settings” akan terbuka.
3.
Untuk mencetak seluruh halaman presentasi, klik
icon print lalu klik All.
4.
Untuk mencetak slide yang dipilih, klik Current
Slide.
5.
Jika ingin mencetak pada slide tertentu,
ketikkan slide yang ingin dicetak pada kolom “Slide” klik icon Print.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Microsoft
Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah
presentasi yang efektif, professional dan juga mudah. Microsoft Power Point
akan membantu sebuah gagasan membantu sebuah gagasan lebih menarik dan jelas
tujuannya jika dipresentasikan. Selain itu, Microsoft Power Point juga merupakan salah satu program presentasi
yang banyak digunakan orang untuk mempresentasikan slidenya.
Dalam Microsoft Power Point ada
enam menu program dalam Microsoft Power Point, yaitu sebagai berikut:
1.
Home
2.
Insert
3.
Design
4.
Slide Show
5.
Review
6.
View
Berikut keunggulan dari Microsoft
power point:
a)
New Slide
Berupa project, artinya sebuah proyek pengembangan
pembelajaran terdiri atas beberapa komponen yang merupakan sejumlah file.
b)
Shapes
Shapes merupakan fasilitas menu fulldown yang tersedia
untuk dipakai dalam membuat beberapa fasilitas interaktif program pembelajaran
CAI.
c)
Fasilitas untuk melakukan link dan antar slide
pada menu powerpoint.
d)
Mengenal fasilitas backsound atau rekaman audio
Fungsi dari fasilitas ini yaitu mampu memanggil
file-file yang sudah ada di dalam harddisk computer atau notebook anda.
e)
Mengenal fasilitas insert movie atau rekaman
video
Fungsi dari fasilitas ini sangat penting guna mempertajam
penjelasan yang sedang disampaikan oleh guru.
B. Saran
Demikianlah maklah yang dapat
kami susun, semoga bermanfaat bagi pembaca dan selebihnya kritik dan saran yang
membangun senantiasa kami harapkan dari para pembaca, agar sempurnalah makalah
yang kami susun.
DAFTAR PUSTAKA
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran,
PT RAJAGRAFINDO PERSADA, Jakarta, 2013
Deni Darmawan, Teknologi
Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Bandung; 2013
Duwi Priyatno, Microsoft Office
2010 Plus Trik Aman Berinternet, PT Kayana Press, Yogyakarta; 2010
Rusman, dkk, Pembelajaran
Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru,
PT RAJAGRAFINDO PERSADA, Jakarta, 2012
No comments:
Post a Comment